Tidur Berkualitas

Normalnya, waktu terbaik untuk tidur adalah sekitar 6-8 jam per hari. Kurang dari itu, berbagai ancaman penyakit dan gangguan kesehatan ada di depan mata. Di antaranya adalah kegemukan (obesitas), hipertensi, gangguan jantung, diabetes, mudah marah, dan daya tahan tubuh menurun.
Saat Anda kurang tidur, produksi hormon stres akan meningkat dan menyebabkan peradangan. Akibatnya, risiko serangan jantung dan stroke meningkat. Kurang tidur juga mengurangi kemampuan tubuh dalam mengatur kadar gula dalam darah sehingga tubuh lebih mudah terserang diabetes. Tidur cukup juga menentukan tingginya kadar produksi antibodi tubuh yang dapat menangkal penyakit.
Sebaiknya segera ubah pola tidur Anda sehingga sehat dan berkualitas.
Pertama-tama adalah dengan tidur teratur setiap hari. Untuk menetralkan ketegangan fisik dan pikiran, berolahraga rutin juga diperlukan.
Agar pola tidur tak terganggu, hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein dan zat stimulan lainnya.
Penataan kamar tidur pun juga memengaruhi kualitas tidur. Sebaiknya Anda menghindari ornamen tempat tidur yang berwarna terlalu terang atau bermotif ramai.
Menjelang tidur, usahakan perut tidak dalam kondisi lapar atau kekenyangan. Selain itu, hindari makan besar dua jam sebelum waktu tidur tiba untuk mencegah perut tak nyaman saat berbaring.
Saat tidur, bebaskan diri dari pikiran yang mengganggu.
Semoga tidur Anda sehat, berkualitas dan nyenyak🙂

34 thoughts on “Tidur Berkualitas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s